Thursday 29 September 2011

KESETIAAN, INTEGRITAS DAN MEMBERI YANG TERBAIK (LUKAS 12.35-48)

Salah satu pengharapan penting di dalam iman Kristen adalah janji akan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Diskusi mengenai kapan Tuhan Yesus akan datang kembali bukan saja membuahkan jawaban yang menyesatkan, tetapi juga merupakan pertanyaan yang salah alamat. Lukas 12.40, 46 menjelaskan bahwa Tuhan Yesus akan datang pada waktu yang tidak dapat diduga oleh manusia. Kedatangan Tuhan Yesus bahkan diumpamakan seperti seorang pencuri (12.39). Beberapa pokok penting yang perlu untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:

Pertama, kedatangan Tuhan Yesus erat kaitannya dengan tema penghakiman (12.43-48). Di dalam perumpamaan yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, ada hamba-hamba yang disebut berbahagia, yang jahat, dan ada juga hamba-hamba yang akan menerima hukuman pukulan. Kita semua tidak dapat memilih untuk lolos dari penghakiman Tuhan. Kekayaan, kepandaian, jabatan apapun yang kita miliki tidak membebaskan kita dari hari penghakiman.

Kedua, kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya akan memperlihatkan kualitas manusia yang sesungguhnya. Kualitas nomor 1 adalah hamba yang setia dan bijaksana, yang melakukan selalu tugasnya dengan baik (12.42-44); Kualitas nomor 2: hamba yang tahu atau tidak tahu tentang kehendak tuannya, dan tidak melakukan apa yang dikehendaki oleh tuannya (12.47-48); Kualitas nomor 3: hamba yang jahat (12.45-46) yang memukul dan berbuat jahat kepada hamba-hamba yang lainnya. Di manakah kita berada?

Ketiga, kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya erat kaitannya dengan kesetiaan, integritas dan semangat untuk memberikan yang terbaik. Hamba yang berbahagia adalah hamba yang dengan setia melakukan pekerjaan dan tanggung jawabnya, bukan karena ingin dipuji dan dilihat orang lain. Dalam bahasa sehari-hari: ada bos atau tidak ada bos, kita tetap harus melakukan tanggung jawab kita dengan kualitas yang terbaik (12.36, 42-44). Di dalam ilmu kepemimpinan yang Tuhan Yesus ajarkan, promosi jabatan tidak didasarkan pada pengetahuan, tetapi kesetiaan, integritas dan semangat untuk memberikan yang terbaik

No comments:

Post a Comment