Saturday 15 October 2011

DOA MAKAN

Di dalam perjalanan hidup saya sebagai orang Kristen, entah sudah berapa ratus kali (atau mungkin berapa ribu kali) saya diminta untuk memimpin doa makan. Dan yang tidak kalah serunya, saya bahkan telah mendengarkan orang lain berdoa untuk makan lebih dari doa makan yang pernah saya ucapakan sendiri. Kira-kira variasinya adalah sebagai berikut:

  1. Tuhan, kami bersyukur atas makanan yang telah Engkau sediakan/berikan (motif: ucapan syukur)
  2. Tuhan, berkatilah orang-orang miskin yang tidak dapat menikmati makanan seperti ini (motif: belas kasihan/compassion)
  3. Tuhan, berkatilah dengan limpah mereka yang telah bekerja keras menyediakan dan menyiapkan makanan ini (motif: penghargaan/appreciation)
  4. Tuhan, kuduskanlah dan berkatilah makanan ini - maksudnya kira-kira: hindarkanlah kami dari segala racun yang membahayakan (motif: perlindungan/protection)
  5. Tuhan, jadikanlah makanan ini kekuatan bagi tubuh kami - maksudnya supaya tidak sekedar membuat kenyang/gemuk, tetapi juga bermanfaat seperti vitamin (motif: nilai tambah/added value)
  6. Tuhan, tolonglah kami untuk dapat menikmati makanan ini - kira-kira artinya meminta Tuhan untuk mengontrol perasaan appetite kita (motif: I want more - but please do it for me God!)
  7. Tuhan, tolonglah supaya makanan yang sedikit dan sederhana ini boleh memuaskan/mengenyangkan semua yang hadir - ingat mujizat 2 ikan dan 5 roti (motif: takut/fear karena makanan yang tersedia sedikit dan yang hadir banyak)
  8. Tuhan, ....., ....., ....., ...... setelah sepuluh menit berdoa, si pendoa mengatakan 'Amin' - Semua mata terbuka dan mereka sadar bahwa pemimpin doa lupa mendoakan makanannya (motif: mungkin yang memimpin doa sedang tidak lapar, jadi lack of motivation)

No comments:

Post a Comment