Sunday 19 February 2012

KRISTEN BERANDA – KRISTEN RUANG TAMU – KRISTEN RUANG MAKAN

Andy Stanley adalah pendeta dari Northpoint Community Church di Atlanta, Georgia. Ia memiliki visi yang sangat jelas di dalam mengembangkan kelompok-kelompok kecil yang saling memperhatikan (care group) di dalam kehidupan bergereja. Pendeta Stanley menggambarkan kehidupan gereja layaknya seperti sebuah rumah. Ada beranda, ada ruang tamu, dan ada ruang makan atau dapur. Beranda menggambarkan Ibadah Minggu, Kebaktian Kebangunan Rohani dan acara-acara besar lainnya. Biasanya orang masuk ke rumah melalui beranda. Demikian juga gereja, orang tertarik ke gereja karena acara-acara yang besar dan menarik. Biasanya orang-orang yang demikian datang ke gereja karena mereka memiliki kebutuhan tertentu yang dapat dipuaskan di gereja. 

Hubungan yang lebih dalam dan percakapan yang lebih serius dibangun di ruang tamu. Menjadi anggota gereja sejatinya berbeda dari pengunjung IbadahMinggu semata. Biasanya di ‘ruang tamu,’ jemaat mulai tertarik terlibat di dalam pelayanan-pelayanan tertentu sesuai dengan bidang ketertarikannya. Jemaat ‘ruang tamu’ juga mulai aktif di dalam persekutuan-persekutuan berukuran sedang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, misalnya Persekutuan Wanita, Persekutuan Lanjut Usia, Kelompok Bible Study, Pertemuan Doa Mingguan dan lain sebagainya. 

Keintiman sebuah Keluarga, namun demikian dibangun di atas meja makan. Di sinilah persahabatan dan hubungan yang sejati dipupuk dan ditumbuhkan. Ruang makan melambangkan kelompok kecil yang saling memperhatikan (care group), dimana komunikasi yang terbuka dapat dilakukan. Satu anggota menaruh kepercayaan kepada anggota yang lainnya. Mereka saling mendoakan. Pendeta Stanley percaya bahwa sukses dari Northpoint Community Church tidak terletak di beranda rumah ataupun di ruang tamu, tetapi di ruang makan atau dapur.

Visi inilah yang memimpin Pendeta Stanley dan gereja yang digembalakannya. Ia percaya bahwa tugas utamanya adalah membawa Kristen Beranda menjadi Kristen Dapur; Dari Kristen yang suka dengan acara-acara besar kepada Kristen yang saling memperhatikan di dalam kelompok kecil; Dari Kristen yang ke gereja karena mencari pemenuhan kebutuhan pribadi kepada Kristen yang memberikan dirinya sebagai hamba-hamba yang melayani-Nya. Apakah Kristen Beranda berdosa dan buruk? TIDAK! Apakah Kristen Ruang Tamu kurang baik? TIDAK JUGA! Namun demikian, kita dipanggil bukan hanya untuk diberkati, tetapi juga untuk bertumbuh dan menjadi berkat.

No comments:

Post a Comment